Sunday, February 26, 2012

Challenge Our Limits


Kejar karir setinggi mungkin. Setuju? Ya dong. Tapi kamu commited nggak?
Bagi profesional yang sudah melewati pertengahan 30-an tantangan terbesar mereka adalah terlena di zona kenyamanan dan tidak mau berubah. Jika upaya saya, metode saya, ketrampilan saya, dan strategi saya saat ini dapat menghantarkan saya pada posisi yang sekarang ini, ya sudah cukup dong. Saya puas kok dengan keadaan yang sekarang ini. Ngapain harus berubah? Begitu kira2 bunyi bujukan zona kenyamanan itu.
Bisnis itu dinamis, selalu berubah. Apa yang dulu menguntungkan, mungkin saat ini merugi, metode apa yang dulu dianggap canggih, sekarang dianggap usang, pendekatan yang dulu efektif, sekarang sudah tidak mempan lagi. Itulah dinamika bisnis. Jadi organisasi mesti berubah agar bisa menandingi perubahan yang ada. Organisasi yang dulu gemuk dan tebal, kini mengikuti trend sehingga kelihatan lebih ramping demi efektivitas komunikasi. Dulu yang demi sila ke 5 Pancasila memaksakan padat karya, sekarang menjadi padat modal dan padat teknologi. Kalau tidak mau berubah organisasi tidak akan mampu survive. Dalam Blue Ocean Strategy, bahkan cara pandang pun harus diubah.
Kita juga demikian. Kalau kita bekerja dengan cara yang biasanya, metode yang biasanya dan dengan intensitas yang biasanya, kita akan memperoleh hasil yang biasa-biasa saja. Sesuatu yang dianggap biasa saja tidak akan mampu mendongkrak karir kita. Dibutuhkan prestasi yang luarbiasa untuk mendongkrak karir satu level lebih tinggi. Padahal kita ingin karir kita terdongkrak lebih satu level bukan?
Jadi, jika kamu commited ingin mencapai karir setinggi mungkin, ya dibutuhkan cara yang berbeda dari biasa, pendekatan yang berbeda dari biasanya, upaya yang lebih keras dari biasa, intensitas yang lebih dahsyat dari biasanya. Kongkritnya apa? Datang lebih pagi, supaya ada kelebihan waktu buat baca. Tambah pengetahuan kamu. Kuliah lagi kalau perlu. Internet adalah salah satu sumber bacaan yang sangat lengkap mengenai apa saja. Jalin networking baik internal maupun eksternal perusahaan. Ciptakan minat dan join perkumpulan. Networking juga cara yang bagus untuk kumpulkan berbagai informasi. Ingat, informasi adalah kunci memperoleh kemenangan. Terakhir, kerja smart saja tidak cukup. Tetap kerja keras. Jangan tunda apapun hingga besok apalagi lusa. Selesaikan hari ini juga, bahkan diakhir minggu. Kerja smart dan hard. Challenge your limits.

No comments:

Post a Comment